STIKAS Corner, you are not alone … – STIKAS Santo Yohanes Salib

STIKAS Corner, you are not alone …

STIKAS Corner, you are not alone …

“Mengenal dan mencintai Tuhan serta membawa orang lain untuk mengenal dan mencintai-Nya …”

 

Di zaman modern ini, banyak orang yang mengalami krisis iman, mencari kebahagian selain Tuhan, bahkan meninggalkan iman mereka. Pada umumnya hal ini banyak dialami oleh kaum muda. Maka tidak heran jika banyak kaum muda yang pindah agama bahkan menjadi seorang ateis. Kecenderungan untuk mencari tahu hal-hal yang baru dan tidak puas dengan sesuatu yang dimilikinya, membuat mereka mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain atau lingkungan sosial mereka. Keprihatinan ini mendorong mahasiswa-mahasiswi STIKAS untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang dapat membantu kaum muda zaman ini.

STIKAS Corner memberikan jawaban atas permasalahan yang dialami dunia saat ini. Pembinaan ini diberikan langsung oleh para Romo dan Frater CSE, para Suster Putri Karmel, serta bantuan dari para Frater Projo yang merupakan mahasiwa STIKAS. Acara STIKAS Corner dengan tagline “You are not alone” ini merupakan pembinaan iman dalam bentuk talk show yang ditujukan khusus untuk siswa-siswi SMP-SMA Pelita Cemerlang Pontianak yang berjumlah kurang lebih 200-300 anak. Namun karena pandemic covid-19, maka acara ini dilakukan via zoom, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pembinaan pertama dilaksanakan pada tanggal 27 November 2021 dengan tema “Proud to be Chatolic”, dengan kedua narasumber Fr. Pio, CSE dan Fr. Ludgar, CSE yang merupakan mahasiswa program imamat. Acara diawali dengan pujian, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi, tanya jawab dari siswa-siswi, serta diakhiri dengan lagu pengendapan yang membawa mereka pada suasana hening yang kemudian diajak untuk menyerahkan diri kepada Tuhan. Pada pembinaan pertama ini, siswa-siswi diajak untuk menggali kekayaan yang ada dalam Gereja Katolik, yang selama ini dilupakan oleh mereka. Dengan mengetahui kekayaan yang ada dalam Gereja, maka mereka akan bangga menjadi katolik dan tidak malu lagi untuk mengakui identitas mereka sebagai seorang katolik. Pembinaan kedua dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2021 dengan tema “Corona Advent”. Kedua narasumber yakni Rm. Alvares, CSE dan Sr. Dominique Savio, P.Karm. Pembinaan kedua ini dilaksanakan menjelang natal, agar mereka dapat mengetahui makna natal yang sesungguhnya dan mempersiapkan diri untuk menyambut Yesus dihari natal nanti. Kegembiraan dan antusias para peserta terlihat pada sesi tanya jawab. Banyak hal yang ternyata belum diketahui oleh mereka, dan lewat pembinaan ini, pengetahuan mereka menjadi lebih luas serta mereka semakin diteguhkan dalam menjalani hidup sebagai pengikut Kristus. Selain pembinaan, dilaksanakan juga misa pembukaan tahun ajaran baru pada tanggal 8 Januari 2022, dengan selebran utama Rm. Macarius, CSE. Misa yang diadakan via zoom ini, diharapkan menjadi bekal bagi siswa-siswi untuk menjalani tahun ajaran baru, dan memberikan semangat serta motivasi bagi mereka.

Pandemic covid-19 belum berakhir, tetapi mahasiwa-mahasiwi STIKAS sangat antusias untuk melayani dan membagikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama ini. Tentunya pelayanan ini didasarkan pada kasih kepada Allah dan sesama, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik. Selain membagikan ilmu, mereka juga turut mengambil bagian dalam karya keselamatan Allah, yaitu menyelamatkan jiwa-jiwa yang tersesat. Sebab segala sesuatu yang dilakukan dengan kasih akan berharga dimata Allah dan menghasilkan suatu kebaikan.

Remember that nothing is small in the eyes of God. Do all that you do with love. (St. Theresia of Lisieux)